Selasa, 15 Desember 2015

Kue Balok, Makanan Khas Banten

Kue Balok,Makanan Khas Banten

Pandeglang,FESBUK BANTEN News (27/11)  - Kue Balok adalah salah satu makanan khas dari  Banten,tepatnya dari  Menes, tidak tau pasti kapan makanan yang berasal dari singkong ini dibuat. Kue balok ini tersebar luas baik di sekitar Labuan maupun di kota - kota besar lainnya.Penjual Kue Balok yang ramai dan banyak di minati diantaranya di Ciputri- Menes, simpang tiga menuju Pasar Menes, Labuan, dan Pandeglang.


Salah satu  penjual kue Balok  yang sudah puluhan tahun menjual  makanan ini bernama Ibu Jumiah(52), asli Menes. Ibu Jumiah ini berjualan dari tahun 1950 an. Motivasi Ibu Jumiah berjualan Kue Balok yaitu meneruskan dari nenek moyangnya. Ibu Jumiah ini generasi penerus yang ke tiga dari kelurganya yang berjualan Kue Balok.


Ia perjualan Kue Balok ini dibantu oleh seorang pria bisu yang berusia kurang lebih (30) yang selama ini membatunya untuk menumbuk singkong yang sudah di kukus untuk dihaluskan. Ibu Jumiah istri  dari bapak Udin seorang wiraswasta, mempunyai 6 orang anak yaitu terdiri dari lima wanita dan satu pria.


Kedai Kue balok ini buka dari pukul 09.00 s/d 17.30. Kue Balok yang berbahan dasar dari Singkong, dan kelapa yang sudah di parut lalu diongseng.Sementara  bumbunya adalah,bawang putih, bawang merah, gula putih, gula aren, garam, laja. Sebagai pelengkap Kue Balok

Kelapa  yang sudah diparut, diongseng kemudian dicampurkan bumbu yang sudah dihaluskan untuk tahap terakhir dibelender. Sehingga menghasilkan minyak yang mantap dari kelapa tersebut sebagai tambahan untuk pelengkap Keu Balok yang biasa dikenal dengan "sarundeng"dalam bahasa Sunda.

Kue balok ini ada tiga jenis, Kue Balok Manis yang terbuat dari campuran gula aren pada singkongnya sehingga berwarna coklat,, Kue balok Isi sarundeng, dan yang ketiga Kue balok biasa dengan sarundeng terpisah.


Kue  Balok ini  mengabiskan singkong perharinya 10 kilo. Biasanya Ibu Jumiah ini membeli sengkong pada tengulak yang sudah biasa dipesannya setiap hari. Kendala berjualan Keu Balok terhambat pada singkongnya yang pada akhirnya memutuskan tidak berjualan Keu Balok karena kehabisan singkongnya dari tengulak yang biasa dipesannya.

Perbungkus  Keu Balok  diharga dari Rp 2000,- dengan isi 12 potong, dan untuk Kue Balok isi berharga Rp. 5000,- dengan isi 12 potong, selain itu juga sesuai dengan pesanan yang dinginkan konsemen.

Pembeli yang banyak berdatangan umumnya  orang - orang terdekat untuk dibawa sebagai oleh - oleh kepada sanak - saudaranya yang berada di luar Menes atau Labuan, Seperti : Pandeglang, Jakarta, Bandung dan Kota -kota  lainnya.

Sehingga merekapun akhirnya mengetahui jenis Kue Balok ciri Khas makanan Menes terbuat dari bahan dasar singkong, yang pada awalnya mereka mengira Kue Balok yaitu Kue yang terbuat dari Balok Kayu. Ternyata apa yang dipikirkan mereka salah terhadap jenis  Kue Balok yang satu ini.

Orang - orang. yang biasa dibawakan oleh - oleh, yang dibawakan saudaranya yang berasal dari Kota Menes ini  mereka merasakan ketagihan oleh Kue Balok yang pada akhirnya jika mereka berlibur ke Daerah Menes ini menyempatkan untuk membeli Kue Balok.

Nah buat dulur - dulur jika berlibur ke Pantai Carita Labuan jangan lupa mampir dulu ke Kota Menes Simpang Tiga Cipurti, untuk merasakan makanan ciri khas Kota Menes yaitu Kue Balok. Jangan sampai tidak ya.(Mila,Untirta/LLJ)
WebRepOverall rating 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar