Selasa, 15 Desember 2015

Mengenal Makanan Khas Pandeglang


Mengenal Pandeglang
Pandeglang adalah wilayah terbarat pulau Jawa, sekitar 100 km dari Ibukota Jakarta, dan merupakan bagian dari Provinsi Banten. Wilayah ini merupakan wilayah dengan ciri khas Badak bercula satu, karena habitat hewan langka ini berada di Kecamatan Sumur, salahsatu kecamatan di Kabupaten Pandegalng. Kabupaten ini juga terkenal dengan wisata pantainya seperti, Tanjung Lesung, Pulau Umang, dan Pantai Carita.
Makanan Khas Pandeglang
Dalam tulisan ini akan saya sampaikan beberapa makanan khas asal pandeglang, diantaranya adalah:
emping

Emping Melinjo
Emping melinjo, adalah makanan "camilan" yang gurih dan nikmat, bahan baku utama makanan ini adalah buah melinjo yang pohonnya banyak tumbuh di Pandeglang, makanan ini enak digunakan untuk camilan saat bekerja, atau istirahat, bisa juga sebagai teman makan. Emping melinjo kini telah banyak dimodifikasi dengan berbagai rasa, seperti emping melinjo pedas, gurih, manis dll. dan kabarnya makanan ini telah berhasil di ekspor ke luar negeri. Pada tahun 2009 Kementerian Perindustrian telah menetapkan makanan atau camilan ini sebagai makanan khas Kabupaten Pandeglang.

opak

Opak 
Makanan ini enak rasanya, renyah dan manis, bahan utamanya adalah beras ketan, yang kemudian ditanak hingga matang, dicampur dengan bumbu dan santan kelapa, selanjutnya jika sudah tanak ditumbuk, dicetak bulat dan dijemur hingga kering, dan jika sudah kering langkah selanjutnya adalah dipanggang.


apem

Apem
Makanan yang satu ini umumnya menjadi menu utama untuk buka puasa, rasanya nikmat dan dinikmati dengan campuran gula merah dan madu, manis, gurih dan mengenyangkan. Produsen makanan ini berada di Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang.
balok
Balok Menes
Jika mendengar nama balok, jang membayangkan kayu yang keras alias kayu balok saja, karena di Pandeglang Balok adalah nama penganan atau makanan yang diproduksi di salahsatu kecamatan di Kabupaten Pandeglang yakni Kecamatn Menes. Bahan utama dari makanan ini adalah singkong dan bertoping serundeng kelapa. Rasa dari makanan ini gurih dan enak. 
jojorong

Jojorong
Makanan ini rasanya manis, dan teksturnya empuk, manis karena didalamnya terdapat gula merah yang lumer, dan empuk karena terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung sagu yang dikukus. Kemasan makanan ini umumnya adalah daun pisang. Dalam acara-acara tertentu seperti syukuran atau pesta pernikahan di Pandeglang, biasanya selalu tersaji. 
Demikianlah makanan asal pandeglang, yang rasanya tidak kalah unik dan nikmat, penasaran?? silahkan berburu kuliner ke Kabupaten Pandeglang. Pada tahun 2015, beberapa makanan di atas akan masuk menjadi rencana aksi daerah yang akan di pusatkan dalam satu kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar